Hosting Unlimited Indonesia

Tutorial Cara Instalasi WordPress Di Server Localhost

  • 3 min read
  • Feb 16, 2020

Hallo sahabat semua apakabar semoga dalam keadaan baik dan sehat ya, kali ini saya ingin membuat Tutorial Cara Instalasi WordPress Di Server Localhost, sebelum nya sahabat semua dapat membaca pengertian wordpress pada tulisan saya yang pertama klik disini.

Pada tutorial kali ini kita akan memasukin babak baru yaitu Cara Instalasi WordPress Di Server Localhost, bagaimana caranya? simak penjelasan singkat berikut.

Apa itu server localhost ?

Server localhost merupakan sebutan bagi server lokal yang ada di komputer kita. Pada dasarnya komputer kita adalah server, dan server adalah komputer kita. Kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk sewa server karena pada dasarnya hanya bersifat offline dan hanya dapat di akses oleh sang pemilik komputer tersebut, kecuali mereka share ip mereka untuk keperluan pengambilan data.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Server localhost sendiri harus memakai software tambahan agar dapat digunakan sebagai penyimpanan data website, yang saya ketahui ada beberapa software yang digunakan untuk instalasi wordpress di server localhost yaitu :

  1. Xampp
  2. WampServer
  3. AMpps

Ini penjelasan detail tentang beberapa software diatas.

1. XAMPP

XAMPP ialah aplikasi server localhost yang digunakan secara umum dan banyak di gunakan oleh para web master untuk merakit sebuah website atau aplikasi webbase. Aplikasi ini merupakan besutan dari Apache yang menggunakan MariaDB untuk database-nya, serta PHP dan Perl sebagai bahasa pemrogramannya.

Serta sistem operasi XAMPP cukup banyak untuk anda jadikan referensi. Anda dapat memasang aplikasi ini di Windows, Linux, dan Mac OS X.

Dan Kabar baiknya untuk anda, XAMPP bersifat open-source, jadi Anda bisa mengunduh dan menggunakannya dengan cuma-cuma atau gratis. Bagaimana cara installasi Xampp? silahkan baca tutorial Cara Install Xampp Mudah & Cepat Berikut.

2. AMPPS

Seperti halnya XAMPP, AMPPS juga merupakan aplikasi server lokal open-source. Di dalam instalasinya, Anda akan menemukan Apache, MySQL, MongoDB, PHP, Perl, Python, dan Softaculous Installer.

Karena memiliki fitur instalasi Softaculous, apa itu Softaculous? Softaculous merupakan kumpulan software yang dapat anda install langsung seperti WordPress, Joomla, dan Drupal secara mudah dalam beberapa klik. Kabar buruknya, Softaculous membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.

Dan AMPPS ini juga dapat digunakan pada sitem operasi Windows, Linux, dan Mac OS X.

3. WampServer

Seperti penjelasan Xampp &Ampps, WampServer juga memungkinkan Anda untuk memasang Apache, MySQL, dan PHP di server lokal. WampServer juga dapat Anda unduh dan gunakan secara GRATIS alias cuma-cuma.

Sayang sekali, WampServer ini hanya untuk komputer dengan sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan sistem operasi Mac OS X atau Linux, XAMPP dan AMPPS silahkan anda gunakan aplikasi Xampp & Ampps.

Oke setelah sahabat semua sudah memahami apa itu localhost sekarang kita akan bahas cara instalasi wordpress di servel local.

Yang pertama sahabat harus men-install Xampp, Ampps atau Wampserver disini saya menggunakan Xampp sebagai contoh. Cara install Xampp pada link berikut.

Setelah sahabat install Xampp silahkan sahabat download wordpress silahkan akses wordpress.org dan download versi terakhir.

Download wordpress versi terbaru
Download wordpress versi terbaru

Setelah sahabat download wordpress versi terbaru, silahkan sobat sekalian copas ke folder htdoc dimana sobat install Xampp. Ini contoh folder saya C:\xampp\htdocs. Lalu extract dan rename folder wordpress sobat sesuai dengan nama website yang akan sobat buat. Saya buat contoh me-rename folder wordpress saya dengan nama belajarwordpress.

Belajar WordPress Pemula

Okey, setelah wordpress telah kita copas di folder htdoc dan sudah di rename saatnya kita buat database nya terlebih dahulu, Cara nya adalah silahkan sobat aktifkan dulu Xamppnya dengan cara ketik xampp di pencarian komputer sobat, lalu klik XAMPP Control Panel.

Cara mengaktifkan xampp

Setelah sobat buka Xampp Control Panel, sobat cukup aktifkan Apache & MySQL nya saja.

Cara mengaktifkan xampp bagian 2

Selanjutnya sobat silahkan akses link berikut pada browser localhost/phpmyadmin lalu klik database/basis data, selanjutnya sobat buat nama databasenya contoh saya buat “belajarwordpress” lalu klik buat/create.

Cara membuat database di phpmyadmin

Okey sobat lanjut ya…, kini sobat semua sudah ke tahap instalasi wordpressnya karena sobat sudah menyiapkan folder dan me-rename wordpressnya menjadi nama website sobat dan juga sudah membuat database nya saatnya kita install wordpressnya.

Silahkan sobat semua akses melalui browser folder nama website sobat yang berada di dalam htdoc (folder wordpress yang telah di extract dan juga telah sobat rename). Contoh website saya localhost/belajarwordpress

Cara install wordpress - belajar wordpress 1

Sobat boleh pilih bahasa wordpress, sample pakai bahasa english – Klik Continue

Cara install wordpress - belajar wordpress 2

Klik Let’s Go

Cara install wordpress - belajar wordpress 3

Silahkan sobat isi data sesuai dengan nama database yang telah sobat buat. Untuk Username, Password & Database Host diisi sesuai di atas ya karena default dari xampp memang seperti itu, user: root, password: (kosongkan) database host: localhost, sedangkan Table Prefix boleh sobat ganti misalnya (belajar_) hanya sebagai tanda saja jikalau nanti banyak table atau biarkan saja seperti itu. Setelah diisi dengan benar silahkan klik Submit.

Cara install wordpress - belajar wordpress 4

Klik Run the installation

Cara install wordpress - belajar wordpress 5

Silahkan sobat lengkapi data website seperti contoh diatas lalu klik Install WordPress

Cara install wordpress - belajar wordpress 6

Nah sekarang wordpress sudah terinstall di laptop sobat semua, cara aksesnya adalah localhost/belajarwordpress sesuaikan dengan nama website sobat yang ada di folder htdoc.

Selanjutnya kita masuk admin nya terlebih dahulu dengan cara localhost/belajarwordpress/wp-admin.

Cara install wordpress - belajar wordpress 7

Silahkan sobat masukan username dan password yang telah sobat buat tadi lalu klik Log In

Cara install wordpress - belajar wordpress 8

Ini adalah tampilan dashboard website sobat, mau di apakan dashboard ini? banyak sekali PR sobat semua, mulai dari install theme, install plugin yang mendukung, setting menu, page, permalink dll. Akan saya bahas pada sesi berikutnya.

Demikian sobat Tutorial Cara Instalasi WordPress Di Server Localhost sangat mudah bukan? jika sobat mengalami kesulitan saat installasi sobat boleh komen di bawah atau hubungi saya via email dan whatsapp saya akan berikan support kepada sobat semua gratis.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *