Hosting Unlimited Indonesia

Tutorial Cara Migrasi Cepat WordPress Offline Ke Online

  • 3 min read
  • Feb 19, 2020

Halo sobat semua apakabar ? semoga dalam keadaan sehat dan selalu bersyukur dalam keadaan apapun. Kali ini saya akan membuat Tutorial Cara Migrasi Cepat WordPress Offline Ke Online apasih maksudnya? Begini di tutorial sebelumnya yaitu Tutorial Cara Instalasi WordPress Di Server Localhost sobat semua sudah bisa membuat website di server localhost, nah setelah itu sobat semua ingin membuat website offline sobat menjadi online, begini caranya.

Sebenarnya ada dua cara Migrasi Cepat WordPress Offline Ke Online atau lebih tepatnya migrasi dari server localhost ke server hosting. Yang pertama anda zip semua folder wordpressnya dan di upload di server melalui cPanel atau Ftp, yang kedua anda install terlebih dahulu wordpress nya di cpanel cara nya ada disini Tutorial Cara install Xampp Mudah Dan Cepat lalu sobat hapus database nya dan di import database hasil export localhostnya.

Saya akan coba memberikan tutorial yang kedua yaitu install dulu wordpress nya melalui cpanel lalu kita import database dari server localhost ke online. Baiklah disini saya asumsikan sobat semua sudah membuat website secara offline dan sudah meng-install wordpress yang baru di cpanel.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Silahkan sobat semua export database yang ada di localhost, caranya sebagai berikut. Silahkan ketikan di browser localhost/phpmyadmin lalu pilih databse nya ada di sidebar kiri, lalu klik export/ekpor

Cara export database dari localhost

Kemudian sobat pilih format SQL lalu klik Go jika ada perintah simpan/ save maka simpanlah hasil export di folder yang mudah di temukan.

Cara export database dari localhost

Setelah export selesai saat nya kita .zip folder yang kita perlukan agar nanti tidak perlu install dan upload lagi theme, plugin & gambarnya. Silahkan anda masuk ke C:\xampp\htdocs\belajarwordpress karena saya meletakan Xampp saya di drive C maka akan seperti itu, jika sobat meletakan nya di drive lain silahkan akses folder wordpress sobat. Di dalam folder tersebut sobat akan menemukan folder wp-content, nah wp-content inilah yang akan kita .zip dengan cara klik kanan send to Compressed Zipped.

Cara export database dari localhost (2)

Oke jika kita sudah export database dan zip wp-content maka untuk menyiapkan data dari server localhostnya sudah selesai, sekarang kita siapkan untuk yang online nya, begini caranya silahkan sobat masuk cpanel website sobat semua dengan cara www.namadomain.com/cpanel lalu masukan username dan passwordnya yang di dapat dari penyedia layanan anda biasanya melalui email. Dan seperti penjelasan saya di awal sobat saya asumsikan sudah meng-install wordpressnya ya jika belum silahkan sobat install dulu wordpressnya cara nya juga ada tutorial di website ini.

Cara install wordpress melalui cpanel

Jika sudah masuk silahkan klik File Manager/Public_html/Nama Website, contoh punya saya File Manager/Public_html/belajar

Cara export database dari localhost (3)

Lalu sobat lihat di bagian kanan akan menemukan folder wp-content silahkan sobat hapus saja folder tersebut lalu upload folder wp-content dari server localhost yang telah kita jadikan zip tadi.

Cara hapus file di cpanel

Silahkan klik Confirm untuk menghapus file. Lalu klik Upload

Cara upload dokumen ke cpanel

Setelah klik Upload silahkan sobat cari file wp-content yang telah kita zip tadi di folder C:\xampp\htdocs\belajarwordpress sesuaikan dengan nama folder sobat.

Cara upload dokumen ke cpanel

Biarkan hingga berwarna hijau dan 100% ya.

Cara rename dokumen di cpanel

Setelah selesai upload dan 100% silahkn sobat kembali ke folder sebelum nya, silahkan cek dengan cara poin 1 Reload terlebih dahulu lalu point 2 klik wp-content.zip selanjutnya point 3 klik Extract

Cara extract file di cpanel

Klik Extract File

Cara exract file di cpanel

Nah sekarang folder wp-content telah kita ganti dengan wp-content dari server localhost, selanjutnya sobat harus ganti database nya dengan cara import database yang sudah kita export tadi, bagaimana caranya? silahkan simak kelanjutanya berikut ini.

Silahkan sobat kembali ke menu utama cpanel, lalu scroll kebawah di bagian Database klik phpMyadmin

Cara export database dari localhost (4)

Setelah klik phpMyadmin maka akan tampil seperti berikut

Cara export database di cpanel

Silahkan sobat klik database sesuai nama website yang sudah anda install di domain anda. Tujuan kita membuka database adalah untuk menghapus semua table yang ada di dalam nya.

Cara export database di cpanel

Setelah klik database lalu sebelah kanan klik Check all lalu klik pada bagian With selected pilih Drop

Cara export database di cpanel

Silahkan sobat Plih Yes artinya setuju menghapus semua table yang ada didalam database.

Cara export database di cpanel

Selanjutnya sobat klik Import untuk mengimport database dari hasil export database localhost. Klik Choose File

Cara import database di cpanel

Setelah sobat pilih database dari localhost klik Go

Cara import database di cpanel

Pastikan dialog yang muncul adalah import has been succesfully.

Cara import database di cpanel

Selanjutnya sobat edit url website nya dengan cara klik table wp-option ada di sebelah kiri lalu klik 2x pada url nya di sebelah kanan, ganti url localhost nya menjadi url website anda, contoh http://localhost/belajarwordpress diganti menjadi http://namadomain.com jika anda menggunakan subdomain atau folder maka menjadi http://namadomain.com/nama folder ganti pada bagian siteurl & home.

Cara import database di cpanel

Selanjutnya sobat samakan table prefix nya dengan cara kembali ke file manager plih wp-config.php klik kanan pilih edit.

Cara import database di cpanel

Tanda panah di atas menunjukan nama table prefix anda, silahkan samakan dengan nama table prefix yang ada di table database sobat cara nya klik database dan samakan table prefix nya.

Cara import database di cpanel

Table prefix database nya adalah wp_ artinya anda harus rubah table prefix yang ada di wp_config.php tadi dan samakan dengan table prefix yang ada di database. Maka hasilnya menjadi seperti berikut

Cara import database di cpanel

Setelah anda rubah table prefix silahkan Save Change pada pojok kanan atas, dan akhirnya selesai sudah perjuangan anda membuat website offline anda menjadi online.

Demikian sobat Tutorial Cara Migrasi Cepat WordPress Offline Ke Online atau lebih dikenal cara migrasi website localhost ke online ini saya buat semoga dapat membantu sobat semua, jika ada kesulitan silahkan komen atau hubungi saya via kontak yang tertera, terimakasih.

 

 

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *