Panduan membuat blog wordpress dan bloggspot gratis
Download! Download video panduan membuat blog GRATIS

3 Cara Install Plugin WordPress

Setelah menginstal WordPress, hal pertama bagi setiap pemula perlu belajar bagaimana cara menginstal plugin WordPress. Plugin memungkinkan Anda menambahkan fitur baru ke blog WordPress seperti menambahkan galeri, slideshow, mencari keyword, affiliasi dll. Ada ribuan plugin gratis dan berbayar yang tersedia untuk WordPress. Dalam artikel ini, saya akan berbagi cara install plugin WordPress.

Oh iya,,, Jika Anda menggunakan WordPress.com, maka Anda tidak bisa menginstal plugin. 😀

Saya pernah menerima keluhan dari pembaca yang mengatakan bahwa mereka tidak dapat melihat menu plugin di dashboard WordPress mereka. Padahal mereka menggunakan WordPress.com, yang memiliki keterbatasan.

Untuk menggunakan plugin, Anda perlu menggunakan self-hosted WordPress.org (lihat perbedaan antara WordPress.org vs WordPress.com).

Cara Install Plugin WordPress

Untuk mempermudah, Saya telah membuat tutorial video tentang cara install plugin WordPress yang dapat Anda lihat di bawah ini:


Tapi jika Anda hanya ingin mengikuti petunjuk-teks, maka Anda bisa mengikuti tutorial langkah demi langkah tentang cara install plugin WordPress dibawah ini.

Saya akan coba menulis 3 cara install plugin WordPress: Install plugin WordPress menggunakan pencarian, meng-upload plugin WordPress, dan menginstal plugin WordPress secara manual menggunakan FTP.

1. Install plugin WordPress menggunakan pencarian

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah login ke area admin WordPress Anda (namaweb.com/wp-admin) dan klik Plugins »Add New.
Cara install pllugin wordpress

Anda akan melihat layar seperti gambar di atas. Temukan plugin dengan mengetikkan nama plugin atau fungsi yang Anda cari, seperti yang saya lakukan. Setelah itu, Anda akan melihat sekumpulan daftar plugin wordpress. Jika sudah menemukan plugin yng dicari, Klik Install Now > Activate. Itu saja, Anda telah berhasil menginstal plugin WordPress.

Langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi pengaturan plugin. Pengaturan ini akan bervariasi untuk setiap plugin sehingga saya tidak akan membahasnya di posting ini.

2 Instal Plugin menggunakan Upload Plugin Admin WordPress

Plugin WordPress berbayar biasanya tidak tercantum dalam direktori plugin WordPress. Plugin ini tidak dapat diinstal dengan menggunakan metode pertama.

Itulah sebabnya WordPress memiliki metode Upload untuk menginstal plugin semacam itu. Saya akan menunjukkan cara menginstal plugin WordPress menggunakan opsi upload di area admin.

Pertama, Anda perlu mendownload plugin dari sumbernya (yang akan berupa file zip). Selanjutnya, Anda perlu masuk ke area admin WordPress, kemudian arahkan kursor mouse pada Plugins » Add new.
Cara upload plugin

Setelah itu, klik tombol Upload Plugin di bagian atas halaman. kemudian cari plugin yang tersimpan pada komputer/laptop anda.
Cara uplod plugin wordpress

3 Instal Plugin WordPress secara manual menggunakan FTP

Dalam beberapa kasus, penyedia hosting WordPress Anda mungkin memiliki batasan file yang dapat membatasi kemampuan Anda untuk install plugin dari area admin.

Dalam situasi ini, pilihan terbaik adalah menginstal plugin secara manual menggunakan FTP.

Metode manajer FTP adalah yang paling tidak ramah untuk pemula, karena sedikit agak sulit jika dibandingkn dengan opsi pertama dan opsi kedua.

Pertama, Anda perlu mendownload file sumber plugin (ini akan menjadi file zip). Selanjutnya, Anda perlu mengekstrak file zip di komputer Anda.

1. Exstract file zip, plugin akan membuat folder baru dengan nama yang sama. Ini adalah folder yang perlu Anda unggah secara manual ke situs web Anda menggunakan klien FTP.

2. Mengakses host melalui FTP (FileZilla).

3. Setelah terhubung ke host, Anda perlu mengakses path : public_html / wp-content / plugins /

Selanjutnya, upload folder yang Anda ekstrak dari file zip ke public_html / wp-content / plugins / folder di server web Anda.

Bagaiman cara install plugin wordpress via ftp

Itulah 3 cara install plugin wordpress. Saya harap semoga tulisan ini membantu Anda mempelajari cara install plugin WordPress. Anda juga bisa melihat kategori plugin tentang plugin WordPress terbaik yang dapat Anda gunakan untuk menambah fitur blog wordpress anda. Masing-masing artikel tersebut dilengkapi dengan petunjuk langkah demi langkah tentang cara men-setup plugin secara rinci.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *